PItutur Sejati

"Ngudi kuwi pait rasane nanging ngrasakake kang aran getun iku luwih lara lan rekasane"

Pitutur Sejati

"Ngelmu Sejati Iku Nggoleki Palilahe Guru, Mrih Bisa Berkah Lan Migunani"

Thursday, 13 February 2014

RPP Menyimak legenda



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP MENYIMAK LEGENDHA)


                        Sekolah                        : SMP
                        Mata Pelajaran             : Bahasa Jawa
                        Kelas / Semester          : VIII / I         
                        Tahun Pelajaran           : 2013/2014
                  Standar Kompetensi     : Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan

  dalam berbagai ragam bahasa Jawa
Kompetensi Dasar       : Menyimak Legenda
                                    Indikator                     : 1. Mampu mengungkapkan isi legenda secara
                                                                              lisan maupun tulisan dalam berbagai ragam
                                                                              bahasa Jawa.
                                                                          2. Mampu mengajukan dan menjawab pertanyaan
                                                                              sesuai dengan konteks legenda.
                                                                          3. Mampu menyebutkan unsur intrinsik legenda.
                                                                          4. Mampu menyebutkan amanat yang terkandung
                                                                              dalam legenda.
                                                                          5. Mampu menuliskan kembali cerita  legenda
                                                                             “Nusa Kambangan”sesuai  dengan
                                                                             unggah-ungguh bahasa Jawa. secara ringkas.
                        Alokasi Waktu                        : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan)
                        Pertemuan                   : ke 1 Minggu 2 Bulan Juli


1.      Tujuan Pembelajaran
1.1.  Siswa dapat mengungkapkan isi legenda secara lisan maupun tulisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa.
1.2.  Siswa mampu mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan
      konteks legenda.
1.3.  Siswa mampu menyebutkan unsur intrinsik legenda.
1.4.  Siswa mampu menyebutkan amanat yang terkandung dalam legenda.
1.5.  Mampu menuliskan kembali cerita  legenda “Nusa Kambangan”sesuai  dengan
      unggah-ungguh            bahasa Jawa. secara ringka


2.    Materi Pembelajaran
2.1.Pangretosan Legendha
Legendha inggih menika cariyos ingkang nyariosaken dumadineipun satunggaling papan utawi panggenan.

2.2. Unsur intrinsic saha Ekstrinsik legendha
            Unsur intrinsic inggih menika unsur ingkang wonten ing salebeting cariyos saha minangka unsur pembentuk satunggaling cariyos/wacan.
            Unsur intrinsic kados ing ngandhap menika :
1.    Tema/irah-irahan
2.    Paraga
3.    Wewatakan
4.    Alur
5.    Amanat/Pesen
6.    Basa
Unsur ekstrinsik kados ing ngandhap menika :
1.    Latar belakang
2.    Unsur social dan budaya

2.3.   Teks Legendha
Teks terlampir

3.        Pendidikan Kerakter
3.1. Rasa menghargai terhadap orang lain.
3.2. Rasa menghormati pada orang lain.
4.      Model dan Metode Pembelajaran
4.1 Model Pembelajaran
Kontekstual (CTL, Contextual Teaching and Learning)
Pembelajaran bahasa Jawa jangan melepaskan konteks. Artinya hal-hal yang dibelajarkan sesuai dengan kebutuhan hidup orang Jawa dalam konteks yang sebenarnya. Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang dimulai dengan sajian atau tanya jawab lisan (ramah, terbuka, negosiasi) yang terkait dengan dunia nyata kehidupan peserta didik (daily life modeling), sehingga akan terasa manfaat dari materi yang akan disajkan, motivasi belajar muncul, dunia pikiran peserta didik menjadi konkret, dan suasana menjadi kondusif – nyaman dan menyenangkan

4.2 Metode Pembelajaran
4.2.1 Tanya jawab
4.2.2 Penugasan
4.2.3 Ceramah 
4.2.4 Diskusi

5.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
5.1 Kegiatan Awal
5.1.1 Guru membuka KBM dengan salam dan menanyakan kabar peserta didik.
5.1.2 Guru memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan kelas
5.1.3 Guru menanyakan materi pelajaran pertemuan sebelumnya.
5.1.4 Guru memberikan apersepsi materi pelajaran yang akan dipelajari.
4.2 Kegiatan Inti
5.2.1 Eksplorasi
5.2.1.1 Siswa dan guru berdiskusi tentang pengertian legenda.
5.2.1.2 Siswa dan guru berdiskusi tentang unsuk intrinsik legenda.
5.2.1.3 Siswa dan guru berdiskusi tentang unsuk ekstrinsik legenda.
5.2.1.4 Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.
5.2.2 Elaborasi
5.2.2.1 Siswa mendengarkan dan menyimak legenda (dibacakan/rekaman)
5.2.2.2 Siswa mendiskusikan unsuk intrinsik legenda yang didengarkan.
5.2.2.3 Siswa menyampaikan pendapat berkaitan dengan unsur intrinsik
            maupun ekstrinsik dari legenda yang didengarkannya.
5.2.3 Konfirmasi
5.2.3.1 Guru memberikan penilaian terhadap tanggapan siswa.
5.2.3.2 Siswa mengumpulkan tugas tentang legenda.
5.3 Kegiatan Akhir
5.3.1 Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah diberikan
5.3.2 Siswa mencatat materi dan penjelasan yang telah diberikan/dijelaskan.
5.3.3 Guru memberikan gambaran materi pertemuan berikutnya
5.3.4 Guru menutup pelajaran dengan salam.

6. Sumber Belajar
6.1 VCD / Kaset percakapan/Teks Percakapan
6.2 Endraswara, Suwardi. 1992. Sega Rames.
6.3 LKS Pinter Basa
6.4 www. Google.com/akses 22 Juli 2013
7. Penilaian
7.1 Jenis  tes:
7.1.1  Unjuk Kerja
7.1.2 Tertulis

7.2 Bentuk :
      7.2.1 Uji petik produk
      7.2.1 Isian

7.3 Instrumen
Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrmen
Contoh Instrumen
1.        Mampu mengungkapkan isi legenda secara lisan maupun tulisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
2.        Mampu mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks legenda.
3.        Mampu menyebutkan unsur intrinsik legenda
4.        Mampu menyebutkan amanat yang terkandung dalam legenda.
5.        Mampu menuliskan kembali cerita  legenda “Nusa Kambangan” sesuai  dengan unggah-ungguh bahasa Jawa. secara ringkas.

Unjuk kerja







Tertulis

Uji petik produk







Isian
I. Tulisen kanthi ringkes isine legendha sing wis kasemak, banjur critakana ana ing ngarep kelas!
II.Wangsulana pitakon ing ngisor iki!
1.    Menapa cariyos legendha ingkang sampun kasemak?
2.    Sinten kemawon paraga utawa tikoh ing cariyos legendha?
3.    Wonten pundi papan tapanipun resi Kano?
4.    Sinten ingkang merjaya resi Kano?
5.    Kados pundi caranipun merjaya resi Kano
6.    Naga apa kang bakal mangan prabu Ajipamasa?
7.    Ngelmu apa kang bisa mateni naga kang bakal mangan sang Prabu?
8.    Wewujudan apa kang muncul sawise naga mati?
9.    Pikantuk bebungah apa ing kisiking segara cedhaking Nusa Kambangan?
10.              Kembang apa kang bisa kanggo nambani wong lang nguripke wong mati?
III. Golekna tuladha legendha lan salinen ing buku tulismu!
Wangsulan
1.      Nusa Kambangan
2.      Prabu Ajipamasa, Tambak baya, Rasi Kano, Naga Balekambang, wanita sulistya.
3.      Pertapan Gumelar.
4.      Prabu Ajipamasa
5.      Dipanah kena gegere.
6.      Naga Balekambang
7.      Aji Lebur sakethi
8.      Wanita kang sulistya
9.      Kembang Wijaya Kusuma
10.  Kembang Wijaya Kusuma

Aspek Penilaian
Skor
Jawaban benar I

Jawaban benar II     @ 5 / Soal benar
Jawaban benar III
25

50

25
Skor maksimal
100


                                                                                                            Salam, 10 Juli 2013


Mengetahui


Guru Mata Pelajaran                                                                           Mahasiswa



 Guru                                                                                                Mulyono
NIP. -                                                                                              NIM 1020524

No comments:

Post a Comment